x

Sri Mulyani Bocorkan Jadwal Pemberian THR 2023 Untuk ASN dan Pensiunan

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Apr 2023 15:23 0 708 administrator

Sri Mulyani Bocorkan Jadwal Pemberian THR 2023 Untuk ASN dan Pensiunan

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI telah membocorkan jadwal pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pensiunan pada tahun 2023.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2023 yang memuat tentang pemberian THR dan Gaji ke-13 bagi ASN dan Pensiunan.

Pemberian THR adalah bentuk penghargaan atas pengabdian ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan sangat membantu perekonomian ASN dan Pensiunan di tengah meningkatnya harga kebutuhan pokok saat bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri.

Selain itu, pemberian THR 2023 dan Gaji ke-13 bertujuan untuk mempertahankan tingkat daya beli masyarakat secara ekonomi nasional dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Sri Mulyani mengumumkan pada konferensi pers bahwa pencairan THR 2023 bagi ASN dan Pensiunan akan dimulai pada H-10 Hari Raya Idul Fitri 1444 H, yaitu sekitar tanggal 4 April 2023.

Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2023 meliputi gaji pokok atau pensiunan pokok ditambah dengan tunjangan yang melekat pada keduanya, termasuk tunjangan pangan, keluarga, jabatan struktural, fungsional, dan lainnya.

THR tahun 2023 terdiri dari beberapa komponen, yaitu gaji pokok/pensiunan pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan/umum, dan tunjangan kinerja (Tukin) sebesar 50% bagi yang menerimanya.

Berdasarkan PP Nomor 15 Tahun 2023, THR 2023 akan dibayarkan paling cepat pada H-10 hari kerja sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Jika THR belum dapat dibayarkan sebelum Hari Raya, maka dapat dibayarkan setelah Hari Raya sesuai ketentuan pada PP tersebut.

Sri Mulyani mengimbau agar seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dapat bekerja sama untuk memastikan agar THR dapat diterima oleh ASN dan Pensiunan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian Keuangan juga memberikan himbauan agar para ASN dan Pensiunan dapat segera mengajukan pencairan THR melalui instansi masing-masing.

Namun, perlu diingat bahwa besaran THR yang diterima oleh setiap individu berbeda-beda tergantung pada gaji atau pensiun yang diterima serta tunjangan yang melekat pada keduanya.

Selain itu, Kementerian Keuangan juga memberikan penegasan bahwa pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada para ASN dan Pensiunan tidak akan berdampak pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023, karena telah dianggarkan pada APBN tahun ini.

Diharapkan dengan pemberian THR dan Gaji ke-13 bagi para ASN dan Pensiunan, dapat membantu meningkatkan daya beli masyarakat dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

x
x