x

Resep Putu Mayang Special: Cara Membuat Putu Mayang yang Lezat dan Gurih

waktu baca 6 menit
Selasa, 21 Mar 2023 13:54 0 250 administrator

Resep Putu Mayang Special

Halo semua, siapa yang tidak suka dengan makanan tradisional khas Indonesia yang satu ini? Betul, kita sedang membicarakan tentang putu mayang. Sebagai makanan yang populer di Indonesia, putu mayang memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang kenyal. Tak heran jika banyak orang yang sangat menyukainya.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat putu mayang yang lezat dan gurih di rumah. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas resep putu mayang special yang dapat membuat putu mayang hasil buatan kita sendiri menjadi lebih enak dan lezat.

Selain itu, kita juga akan membahas variasi rasa putu mayang dan cara penyajiannya yang benar agar bisa menikmati putu mayang secara maksimal. Tidak ketinggalan, kita juga akan membahas keuntungan dari memasak sendiri di rumah serta manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari hal tersebut.

Jadi, bagi kalian yang ingin mencoba membuat putu mayang di rumah, simak terus artikel ini ya!

Bahan-bahan Yang dibutuhkan

Sebelum mulai membuat putu mayang special, tentu kita harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan:

  • Tepung ketan
  • Pewarna makanan (sesuai selera)
  • Air matang
  • Garam
  • Air daun pandan
  • Kelapa parut kasar

Pastikan bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan berkualitas agar putu mayang yang dihasilkan juga berkualitas. Selain itu, pastikan juga semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dan terukur dengan tepat agar tidak mengganggu proses pembuatan putu mayang nantinya.

Langkah-langkah membuat Putu Mayang

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan, kita bisa mulai membuat putu mayang special yang lezat dan kenyal dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Campurkan tepung ketan, garam, dan pewarna makanan (jika menggunakan) dalam sebuah wadah.
  2. Tuangkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung sambil diuleni hingga adonan bisa dibentuk menjadi bola kecil yang kenyal.
  3. Siapkan alat cetakan putu mayang yang terbuat dari anyaman bambu, lalu isi cetakan dengan adonan yang sudah dibentuk menjadi bola kecil.
  4. Siapkan panci dan beri air, kemudian panaskan air hingga mendidih.
  5. Letakkan cetakan putu mayang di atas panci yang sudah berisi air mendidih. Biarkan selama 10-15 menit atau sampai putu matang dan mengapung di atas air.
  6. Setelah matang, angkat putu mayang dari cetakan dengan hati-hati menggunakan garpu atau sumpit.
  7. Siapkan kelapa parut kasar, lalu kukus kelapa selama 10-15 menit.
  8. Sajikan putu mayang dengan kelapa parut yang sudah dikukus sebagai pelengkap.

Itulah langkah-langkah mudah untuk membuat putu mayang special yang lezat dan kenyal di rumah. Selamat mencoba!

Variasi rasa Putu Mayang

Tidak hanya rasanya yang lezat dan kenyal, putu mayang juga bisa dibuat dengan variasi rasa yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa variasi rasa putu mayang yang bisa kamu coba:

  1. Putu mayang pandan: Tambahkan air daun pandan ke dalam adonan putu mayang untuk memberikan aroma dan rasa yang segar dan khas.
  2. Putu mayang coklat: Tambahkan bubuk coklat ke dalam adonan putu mayang untuk memberikan rasa yang manis dan coklat yang lezat.
  3. Putu mayang strawberry: Tambahkan ekstrak strawberry ke dalam adonan putu mayang untuk memberikan rasa yang segar dan manis seperti buah strawberry.
  4. Putu mayang keju: Setelah putu mayang matang, tambahkan parutan keju di atasnya untuk memberikan rasa gurih yang lezat.
  5. Putu mayang kacang hijau: Tambahkan kacang hijau yang sudah direbus dan dihaluskan ke dalam adonan putu mayang untuk memberikan rasa kacang yang lezat.

Dengan variasi rasa yang berbeda-beda, putu mayang special kamu akan semakin nikmat dan bervariasi. Jangan ragu untuk mencoba variasi rasa yang lainnya!

Cara menyajikan Putu Mayang

Setelah putu mayang special kamu matang dan siap untuk disajikan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyajikannya. Berikut ini adalah beberapa cara menyajikan putu mayang yang bisa kamu coba:

  1. Sajikan putu mayang dengan kelapa parut kasar yang sudah dikukus di atasnya. Kelapa parut akan memberikan rasa yang gurih dan tekstur yang kriuk-kriuk yang pas di mulut.
  2. Sajikan putu mayang dengan sirup gula merah atau kuah santan. Sirup gula merah akan memberikan rasa manis yang pas di lidah, sedangkan kuah santan akan memberikan rasa yang gurih dan creamy yang lezat.
  3. Sajikan putu mayang bersama dengan potongan buah-buahan segar seperti mangga atau nanas. Buah-buahan segar akan memberikan rasa yang segar dan asam yang pas di lidah.
  4. Sajikan putu mayang dengan es batu dan sirup. Es batu akan memberikan sensasi dingin yang menyegarkan, sedangkan sirup akan memberikan rasa yang manis dan segar di tenggorokan.
  5. Sajikan putu mayang dengan taburan wijen atau kacang tanah yang sudah disangrai. Wijen atau kacang tanah akan memberikan rasa gurih dan crunchy yang pas di mulut.

Nah, itu dia beberapa cara menyajikan putu mayang special yang bisa kamu coba di rumah. Pilih cara penyajian yang kamu suka dan nikmati putu mayang special kamu!

Keuntungan dan Manfaat Membuat Putu Mayang di Rumah

Selain bisa menikmati rasa yang lezat dan unik dari putu mayang special, membuat putu mayang di rumah juga memiliki beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan manfaat membuat putu mayang di rumah:

  1. Lebih Hemat Biaya
    Dibandingkan dengan membeli putu mayang di toko atau pasar, membuat putu mayang di rumah jauh lebih hemat biaya. Kamu hanya perlu membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dan bisa menghemat uang untuk keperluan lainnya.
  2. Lebih Sehat dan Higienis
    Dengan membuat putu mayang di rumah, kamu bisa memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan segar dan berkualitas. Selain itu, proses pembuatannya juga lebih higienis karena kamu bisa mengontrol kebersihan dari alat dan bahan yang digunakan.
  3. Dapat Dikreasikan
    Dengan membuat putu mayang di rumah, kamu juga bisa bereksperimen dengan variasi rasa dan bentuk yang berbeda. Kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti pandan, coklat, atau buah-buahan sesuai dengan selera dan kreativitasmu.
  4. Menjadikan Kegiatan Bersama Keluarga
    Membuat putu mayang di rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan berkesan bersama keluarga atau teman. Kamu bisa berbagi tugas dan bersama-sama menciptakan momen yang menyenangkan dan meriah.
  5. Meningkatkan Keterampilan Memasak
    Membuat putu mayang di rumah juga bisa meningkatkan keterampilan memasakmu. Kamu bisa belajar mengenai teknik-teknik pembuatan putu mayang yang benar dan menciptakan rasa yang pas di lidah.

Itulah beberapa keuntungan dan manfaat membuat putu mayang di rumah. Selain menikmati rasa yang lezat, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba membuat putu mayang di rumah dan rasakan manfaatnya!

Resep Putu Mayang Special: Cara Membuat Putu Mayang yang Lezat dan Gurih

Demikianlah beberapa poin mengenai resep putu mayang special yang bisa kamu coba buat di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan, kamu bisa membuat putu mayang yang lezat dan unik dengan variasi rasa yang beragam. Selain itu, membuat putu mayang di rumah juga memiliki keuntungan dan manfaat yang tidak kalah pentingnya.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat putu mayang di rumah dan rasakan kelezatannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba membuat putu mayang special di rumah. Terima kasih telah membaca!

x
x