x

Resep Pukis Lembut Menul dan Berserat

waktu baca 6 menit
Minggu, 12 Mar 2023 12:46 0 778 administrator

Kue Pukis Lembut

Resep Pukis Lembut Menul dan Berserat – Pukis, siapa yang tidak kenal dengan kue tradisional yang satu ini? Pukis adalah kue asli Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, santan, telur dan gula. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya sangat lezat. Pukis sering dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup pada berbagai acara.

Namun, sayangnya tidak semua pukis yang dijual di pasaran terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan berkualitas. Sebagian besar pukis yang dijual di toko-toko atau pasar menggunakan bahan-bahan yang kurang sehat seperti pengawet dan pewarna buatan.

Oleh karena itu, dalam panduan ini kami akan membagikan resep pukis yang lembut, menul dan berserat yang mudah dibuat dan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, kami juga akan membahas manfaat dari setiap bahan yang digunakan dalam resep ini.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat, Anda dapat membuat pukis yang lebih berkualitas dan tentunya lebih sehat. Selain itu, Anda juga dapat mengajarkan anak-anak Anda tentang pentingnya mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.

Bahan-bahan:

Untuk membuat pukis yang lembut, menul dan berserat, Anda memerlukan beberapa bahan yang mudah didapat di pasar atau toko bahan kue terdekat. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • Tepung terigu protein sedang, sebanyak 250 gram
  • Tepung beras, sebanyak 50 gram
  • Tepung tapioka, sebanyak 50 gram
  • Gula pasir, sebanyak 150 gram
  • Santan kental, sebanyak 300 ml
  • Telur ayam, sebanyak 2 butir
  • Air matang, sebanyak 150 ml
  • Soda kue, sebanyak setengah sendok teh
  • Vanili bubuk, sebanyak setengah sendok teh
  • Garam, sebanyak setengah sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya untuk melumuri cetakan pukis

Setiap bahan yang digunakan dalam resep pukis ini memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Misalnya, tepung terigu mengandung karbohidrat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Tepung beras dan tapioka juga mengandung karbohidrat, namun dengan kadar gluten yang lebih rendah. Santan kental mengandung lemak sehat dan juga kaya akan kalsium. Selain itu, telur ayam mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan otot dan gula pasir sebagai sumber energi.

Dengan menggunakan bahan-bahan sehat, Anda dapat membuat pukis yang lezat dan juga menyehatkan tubuh Anda. Jadi, pastikan Anda memilih bahan-bahan yang berkualitas untuk hasil pukis yang maksimal!

Cara Membuat:

Siapa yang tidak suka dengan pukis? Kue tradisional yang satu ini memang menjadi salah satu camilan favorit banyak orang di Indonesia. Tidak hanya lezat, pukis juga mudah dibuat dan dapat dijadikan sebagai camilan sehat untuk keluarga. Nah, untuk membuat pukis yang lembut, menul dan berserat, Anda bisa mengikuti resep berikut ini:

  1. Siapkan wadah dan campurkan semua bahan kecuali soda kue dan air matang. Pastikan semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan di dalamnya.
  2. Setelah itu, tambahkan soda kue ke dalam campuran bahan dan aduk kembali hingga merata. Soda kue ini berfungsi untuk membuat pukis lebih mengembang dan menjadi lebih lembut.
  3. Selanjutnya, tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak terlalu kental atau terlalu cair. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau cair agar pukis bisa matang secara merata.
  4. Diamkan adonan selama 10-15 menit agar adonan mengembang. Ini juga sangat penting untuk membuat pukis lebih mengembang saat dimasak dan menjadi lebih empuk.
  5. Sambil menunggu adonan mengembang, panaskan cetakan pukis dengan sedikit minyak goreng di atas api kecil. Pastikan cetakan sudah benar-benar panas sebelum menuangkan adonan ke dalamnya.
  6. Setelah itu, tuang adonan ke dalam cetakan pukis hingga 3/4 penuh. Jangan terlalu penuh agar pukis tidak tumpah saat dimasak.
  7. Tutup cetakan dan biarkan adonan matang selama kurang lebih 3-5 menit. Jangan membuka tutup cetakan terlalu sering agar pukis matang secara merata.
  8. Buka tutup cetakan dan balikkan pukis dengan hati-hati hingga matang di kedua sisi. Pastikan pukis matang secara merata dan berwarna kecokelatan.
  9. Angkat pukis dan biarkan dingin. Pukis yang sudah dingin lebih enak dan lebih kenyal.
  10. Ulangi langkah 5-9 hingga semua adonan habis. Jangan lupa untuk membersihkan cetakan sebelum menuangkan adonan yang baru agar pukis tidak menempel di dalam cetakan.
  11. Pukis yang lembut, menul dan berserat siap disajikan. Anda bisa menyajikan pukis dengan taburan gula halus atau kelapa parut sebagai tambahan.

Itulah tadi langkah-langkah cara membuat pukis yang lembut, menul dan berserat. Cukup mudah, bukan?

Tips dan Trik

Membuat pukis yang lembut, menul dan berserat memang memerlukan sedikit usaha dan perhatian lebih, namun hasil akhir yang didapat akan membuat Anda merasa puas dan terbayar. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam membuat pukis yang sempurna.

  • Pilih Bahan-Bahan yang Berkualitas Baik
    Bahan-bahan yang berkualitas baik sangat berpengaruh pada hasil akhir dari pukis yang Anda buat. Pastikan untuk memilih tepung terigu yang memiliki kadar protein yang tinggi, santan kental yang berkualitas, serta telur yang segar. Dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas baik, pukis yang Anda buat akan memiliki rasa yang lebih lezat dan teksturnya lebih kenyal.
  • Aduk Adonan dengan Rata
    Saat mengaduk adonan, pastikan adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan di dalamnya. Anda bisa menggunakan mixer atau pengaduk manual untuk memastikan adonan tercampur rata. Jika adonan terlalu kental, tambahkan air sedikit-sedikit hingga adonan menjadi sedikit encer.
  • Panaskan Cetakan dengan Sempurna
    Pastikan untuk memanaskan cetakan dengan sempurna sebelum menuangkan adonan pukis ke dalamnya. Panaskan cetakan dengan api kecil hingga panas, kemudian tutup tutup cetakan dan biarkan panasnya merata. Ini akan membuat pukis matang secara merata dan berwarna kecokelatan.
  • Jangan Sering Membuka Tutup Cetakan
    Saat memasak pukis, hindari untuk terlalu sering membuka tutup cetakan karena hal ini dapat mempengaruhi matangnya pukis. Biarkan pukis matang secara merata dan jangan terburu-buru saat membalikkan cetakan.
  • Biarkan Pukis Dingin Terlebih Dahulu
    Setelah selesai memasak, biarkan pukis dingin terlebih dahulu sebelum disajikan. Hal ini akan membuat pukis lebih enak dan lebih kenyal. Anda bisa menunggu beberapa menit sampai pukis tidak terlalu panas atau bahkan bisa menaruhnya di dalam kulkas selama beberapa saat untuk membuatnya lebih kenyal.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda akan lebih mudah dalam membuat pukis yang lembut, menul dan berserat dengan hasil yang memuaskan.

Pukis merupakan salah satu jenis jajanan tradisional

Pukis merupakan salah satu jenis jajanan tradisional Indonesia yang memiliki rasa yang unik dan khas. Tidak hanya enak, namun pukis juga mudah untuk dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat membuat pukis yang lembut, menul dan berserat dengan mudah dan praktis.

Dalam pembuatan pukis, perlu diperhatikan beberapa hal seperti pemilihan bahan-bahan berkualitas baik, adonan yang tercampur rata, memanaskan cetakan dengan sempurna, menghindari sering membuka tutup cetakan, dan memberikan waktu agar pukis dingin terlebih dahulu sebelum disajikan.

Kue Pukis manual berserat

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat membuat pukis yang lezat dengan tekstur yang lembut dan kenyal.

Demikianlah resep pukis lembut, menul, dan berserat yang dapat Anda coba di rumah. Semoga dengan adanya resep ini, dapat membantu Anda dalam menciptakan jajanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga tercinta.

Tidak hanya sebagai camilan, pukis juga dapat dijadikan sebagai menu sarapan yang sehat dan mudah disantap di pagi hari. Dengan berbagai keuntungan kandungan serat dan nutrisi yang dimilikinya, pukis dapat menjadi alternatif menu sarapan yang lebih sehat daripada roti tawar atau nasi.

Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan berikan sentuhan kreatifitas Anda pada olahan pukis ini. Selamat mencoba!

x
x