x

Resep Pisang Molen: Cara Membuat Pisang Molen Enak dan Praktis

waktu baca 4 menit
Jumat, 31 Mar 2023 02:06 0 713 administrator

Resep Pisang Molen

Pisang Molen merupakan salah satu jajanan pasar yang cukup populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia, kemudian digoreng hingga kecokelatan. Pisang Molen biasanya dijual di toko-toko kue, pasar tradisional, hingga gerobak-gerobak pinggir jalan. Kelezatan dan kepraktisannya membuat Pisang Molen banyak disukai oleh masyarakat.

Selain rasanya yang enak, Pisang Molen juga mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Tidak heran jika banyak orang yang memilih Pisang Molen sebagai camilan favorit mereka. Selain itu, cara pembuatannya yang sederhana juga membuat Pisang Molen menjadi salah satu makanan yang mudah dibuat di rumah.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi dan panduan bagi pembaca yang ingin membuat Pisang Molen sendiri di rumah. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan, cara membuat, serta tips agar Pisang Molen yang dihasilkan enak dan lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Kulit Lumpia

Kulit lumpia merupakan bahan dasar untuk membuat Pisang Molen. Anda dapat membeli kulit lumpia yang sudah jadi di pasar atau toko bahan kue. Namun, jika ingin membuat sendiri, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 250 ml air
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • Campurkan semua bahan hingga tercampur rata, lalu goreng adonan tipis-tipis seperti membuat kulit crepes.
Pisang

Untuk membuat Pisang Molen, Anda membutuhkan pisang yang sudah matang. Pisang yang cocok untuk Pisang Molen adalah pisang raja atau pisang kepok. Potong pisang menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Gula Pasir

Gula pasir digunakan untuk memberikan rasa manis pada isian Pisang Molen. Tambahkan sesuai selera.

Kayu Manis Bubuk

Kayu manis bubuk dapat menambah aroma dan rasa pada isian Pisang Molen. Tambahkan secukupnya.

Garam

Garam digunakan untuk menyeimbangkan rasa manis pada isian Pisang Molen. Tambahkan secukupnya.

Minyak Goreng

Minyak goreng digunakan untuk menggoreng Pisang Molen hingga matang dan kecokelatan. Gunakan minyak goreng yang cukup untuk menggoreng Pisang Molen.

Cara Membuat Pisang Molen

Persiapan

  1. Sebelum memulai membuat Pisang Molen, pastikan semua bahan yang dibutuhkan telah siap dan terukur dengan baik.
  2. Mengisi Pisang
  3. Ambil selembar kulit lumpia, letakkan potongan pisang di bagian tengah kulit lumpia.
  4. Taburi gula pasir, kayu manis bubuk, dan sedikit garam pada bagian atas pisang.
  5. Lipat bagian bawah kulit lumpia ke atas hingga menutupi pisang.
  6. Lipat bagian kiri dan kanan kulit lumpia ke tengah hingga menutupi pisang.
  7. Gulung pisang hingga tertutup kulit lumpia. Pastikan ujung-ujung kulit lumpia ditekan agar tidak terbuka saat digoreng.
  8. Menggoreng Pisang Molen
  9. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  10. Goreng Pisang Molen hingga kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan.

Penyajian

Pisang Molen siap disajikan. Anda dapat menambahkan topping sesuai selera, seperti keju parut, kacang, atau coklat serut untuk menambah kelezatan Pisang Molen.

Tips untuk Membuat Pisang Molen yang Enak

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat Pisang Molen yang enak dan lezat:

  1. Gunakan pisang yang sudah matang
    Pisang yang sudah matang lebih mudah dibentuk dan memiliki rasa yang lebih manis. Pisang yang masih mentah akan membuat kulit Pisang Molen menjadi berair dan tidak renyah.
  2. Jangan terlalu banyak mengisi pisang
    Terlalu banyak mengisi pisang akan membuat kulit Pisang Molen sulit untuk tertutup dan mudah pecah saat digoreng. Gunakan jumlah pisang yang secukupnya agar mudah diisi dan digulung.
  3. Gunakan kulit lumpia yang tepat
    Gunakan kulit lumpia yang tipis dan mudah diolah. Jangan gunakan kulit lumpia yang terlalu tebal karena akan membuat Pisang Molen menjadi kurang renyah.
    Tambahkan gula dan kayu manis secukupnya
    Tambahkan gula dan kayu manis secukupnya untuk memberikan rasa manis dan aroma yang sedap pada isian Pisang Molen.
  4. Pastikan minyak goreng cukup panas
    Pastikan minyak goreng cukup panas sebelum menggoreng Pisang Molen. Minyak goreng yang tidak cukup panas akan membuat Pisang Molen menjadi lembek dan tidak renyah.
  5. Tiriskan Pisang Molen dengan baik
    Setelah digoreng, Pisang Molen harus ditiriskan dengan baik agar tidak terlalu berminyak. Gunakan kertas minyak atau rak peniris agar Pisang Molen menjadi lebih renyah dan enak.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Pisang Molen yang Anda buat akan menjadi lezat dan enak. Selamat mencoba!

Resep Pisang Molen: Cara Membuat Pisang Molen Enak dan Praktis

Pisang Molen adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Makanan yang terbuat dari pisang yang diisi dengan gula dan kayu manis, dan dibungkus dengan kulit lumpia yang digoreng ini memiliki rasa yang sangat enak dan lezat.
Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai cara membuat Pisang Molen yang mudah dan praktis, serta tips-tips untuk membuat Pisang Molen yang enak dan lezat. Dengan mengikuti resep dan tips-tips yang telah dijelaskan, Anda bisa membuat Pisang Molen sendiri di rumah dengan mudah dan hasil yang lezat.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menciptakan Pisang Molen yang enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

x
x