x

Resep Membuat Molten Lava Cake Chocolate Mudah Praktis

waktu baca 4 menit
Senin, 27 Mar 2023 20:45 0 359 administrator

Resep Membuat Molten Lava Cake Chocolate Mudah Praktis

Molten lava cake chocolate adalah kue yang tengah naik daun dalam dunia baking, terutama di kalangan pecinta cokelat. Kue ini terkenal dengan tekstur yang lembut dan padat di luar, namun meleleh di dalam ketika dipotong, sehingga sering disebut juga sebagai chocolate lava cake. Tampilannya yang cantik dan cita rasanya yang lezat membuat molten lava cake chocolate cocok disajikan pada acara-acara spesial atau sebagai hidangan penutup di rumah.

Tren baking dan cooking di Indonesia belakangan ini semakin berkembang pesat, tidak hanya di kalangan profesional, tetapi juga di kalangan penggemar makanan. Molten lava cake chocolate menjadi salah satu dari banyak resep yang diminati oleh masyarakat Indonesia karena kepraktisannya dalam membuatnya. Anda tidak memerlukan banyak alat dan bahan yang rumit untuk bisa membuat kue ini di rumah.

Dalam blog post ini, akan dibahas resep serta langkah-langkah mudah dan praktis dalam membuat molten lava cake chocolate, yang dapat diikuti oleh siapa saja, baik yang baru mencoba untuk membuat kue maupun yang sudah terbiasa. Artikel ini juga akan memberikan tips dalam memilih bahan-bahan yang berkualitas dan cara menyajikan molten lava cake chocolate yang enak.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat molten lava cake chocolate antara lain:

  • 100 gram dark chocolate
  • 100 gram butter
  • 2 butir telur
  • 50 gram gula halus
  • 25 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • Mentega untuk olesan

Alat-alat yang dibutuhkan:

Loyang cup ukuran 7-8 cm dengan kapasitas 150-200 ml

  • Mangkuk tahan panas
  • Wadah besar
  • Whisk atau mixer
  • Spatula
  • Sendok takar
  • Oven dengan suhu 180°C

Catatan: Pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas dan alat-alat yang digunakan bersih dan dalam kondisi baik agar hasil kue yang dihasilkan lebih sempurna.

Langkah-langkah Membuat Molten Lava Cake Chocolate

  1. Siapkan bahan-bahan dan alat-alat yang dibutuhkan.
  2. Potong dark chocolate menjadi potongan-potongan kecil dan taruh dalam mangkuk tahan panas, tambahkan butter, kemudian lelehkan dengan cara di tim atau menggunakan microwave dengan suhu rendah.
  3. Campurkan telur dan gula halus dalam wadah besar, kemudian kocok menggunakan whisk atau mixer sampai adonan tercampur dengan baik dan mengembang.
  4. Tambahkan campuran dark chocolate dan butter ke dalam adonan telur, aduk rata menggunakan spatula.
  5. Ayak tepung terigu dan garam, kemudian masukkan ke dalam adonan, aduk rata kembali hingga tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.
  6. Siapkan loyang cup yang telah diolesi mentega. Tuang adonan ke dalam loyang cup hingga 3/4 bagian penuh.
  7. Panaskan oven pada suhu 180°C, lalu letakkan loyang cup ke dalam oven dan panggang selama 8-10 menit atau hingga bagian atas kue mulai mengeras dan berubah warna menjadi kecokelatan.
  8. Angkat kue dari oven dan biarkan dingin selama beberapa saat.
  9. Ambil spatula dan keluarkan kue dari loyang cup secara perlahan dan hati-hati.
  10. Molten lava cake chocolate siap disajikan. Potong bagian atas kue dengan hati-hati dan nikmati cairan cokelat yang meleleh di dalamnya.

Catatan: Waktu dan suhu panggang dapat bervariasi tergantung pada kondisi oven masing-masing. Pastikan untuk memeriksa kematangan kue secara berkala agar tidak terlalu matang atau kurang matang.

Tips dalam Membuat Molten Lava Cake Chocolate

  1. Pilih dark chocolate dengan kualitas baik dan kandungan cokelat yang tinggi untuk hasil kue yang lebih lezat.
  2. Gunakan butter dalam suhu ruangan agar lebih mudah diaduk dan tercampur dengan baik dengan dark chocolate.
  3. Jangan terlalu lama memanggang kue agar cairan cokelat di dalamnya tetap meleleh dan tidak terlalu padat.
  4. Gunakan loyang cup yang telah diolesi mentega agar kue lebih mudah dikeluarkan dari loyang.
  5. Biarkan kue dingin sebentar sebelum dikeluarkan dari loyang cup agar tidak mudah hancur atau pecah.
  6. Jangan menggunakan loyang cup dengan ukuran terlalu besar atau terlalu kecil agar hasil kue lebih merata dan tidak terlalu padat atau kosong di dalamnya.
  7. Kue dapat disajikan dengan tambahan topping seperti whipped cream, es krim, atau buah-buahan sesuai selera.

Catatan: Jangan ragu untuk mencoba variasi dalam membuat molten lava cake chocolate, seperti dengan menambahkan bahan tambahan seperti kacang atau keju, atau mengganti dark chocolate dengan jenis cokelat lainnya.

Resep Membuat Molten Lava Cake Chocolate Mudah Praktis

Molten lava cake chocolate adalah salah satu jenis kue yang populer dan sangat disukai karena cairan cokelat meleleh yang ada di dalamnya. Meskipun terlihat sulit untuk dibuat, namun dengan bahan dan langkah-langkah yang tepat serta beberapa tips yang diberikan, kita dapat membuat molten lava cake chocolate dengan mudah dan praktis di rumah. Selain itu, variasi dalam membuat kue ini dapat dilakukan dengan menambahkan bahan tambahan atau mengganti jenis cokelat yang digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat molten lava cake chocolate sendiri di rumah. Selamat mencoba!

x
x