x

Resep Membuat Kue Rangin Pancong

waktu baca 4 menit
Sabtu, 25 Mar 2023 04:00 0 473 administrator

Resep Membuat Kue Rangin Pancong

Kue Rangin Pancong merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang cukup populer di berbagai daerah. Kue ini memiliki rasa yang khas dan unik serta tekstur yang kenyal dan lembut. Tak hanya dijadikan camilan, Kue Rangin Pancong juga sering dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, selamatan, dan acara adat lainnya.

Sejarah dan asal-usul Kue Rangin Pancong cukup sulit dilacak. Beberapa sumber menyebutkan bahwa kue ini berasal dari Jawa Tengah, namun ada juga yang menyebutkan berasal dari daerah lain seperti Palembang atau Sumatera Barat. Meskipun begitu, Kue Rangin Pancong tetap menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang patut dijaga dan dilestarikan.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Untuk membuat Kue Rangin Pancong, beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain:

Bahan:
  • 250 gram tepung ketan putih
  • 50 gram tepung terigu
  • 200 ml santan kelapa
  • 150 gram gula merah, serut halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
Alat:
  • Mangkuk besar
  • Loyang atau cetakan Kue Rangin Pancong
  • Kompor
  • Spatula atau sendok kayu
  • Panci kecil untuk merebus gula merah dan santan

Langkah-Langkah Membuat Kue Rangin Pancong

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Kue Rangin Pancong:

  1. Campurkan tepung ketan putih, tepung terigu, gula merah serut halus, garam, dan vanili bubuk dalam mangkuk besar. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tambahkan santan kelapa sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Panaskan panci kecil di atas api kecil, masukkan gula merah serut halus dan santan. Aduk hingga gula merah larut dan santan mengental. Matikan api dan biarkan dingin.
  4. Panaskan loyang atau cetakan Kue Rangin Pancong di atas api kecil dan olesi dengan minyak goreng.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga setengah tinggi. Kemudian tuang adonan gula merah di atasnya.
  6. Tutup cetakan dan panggang di atas api kecil selama sekitar 15-20 menit atau hingga adonan matang dan terlihat kering di atasnya.
  7. Angkat Kue Rangin Pancong dari cetakan dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

Kue Rangin Pancong siap dihidangkan sebagai camilan atau makanan pendamping dalam acara-acara tertentu. Selamat mencoba!

Variasi Rasa Kue Rangin Pancong

  1. Kue Rangin Pancong memang sudah enak dengan rasa gula merah yang manis dan lembut, namun jika ingin mencoba variasi rasa yang berbeda, berikut adalah beberapa ide yang bisa dicoba:
  2. Kelapa: Tambahkan kelapa parut ke dalam adonan atau taburkan di atasnya sebelum dipanggang. Kelapa memberikan rasa gurih yang pas dengan rasa manis dari gula merah.
  3. Cokelat: Tambahkan bubuk cokelat ke dalam adonan untuk memberikan rasa cokelat yang lezat. Bisa juga ditambahkan potongan cokelat sebagai topping.
  4. Keju: Tambahkan keju parut ke dalam adonan atau sebagai topping sebelum dipanggang. Keju memberikan rasa gurih dan sedikit asin yang kontras dengan rasa manis dari gula merah.
  5. Pandan: Tambahkan pasta pandan ke dalam adonan untuk memberikan rasa pandan yang segar dan lezat.
  6. Buah-buahan: Tambahkan potongan buah-buahan seperti pisang atau mangga ke dalam adonan atau sebagai topping sebelum dipanggang. Buah-buahan memberikan rasa segar dan sehat pada Kue Rangin Pancong.

Dengan variasi rasa yang berbeda, Kue Rangin Pancong bisa menjadi camilan yang lebih menarik dan enak untuk dinikmati. Selamat mencoba!

Nutrisi dan Kandungan Gizi Kue Rangin Pancong

Kue Rangin Pancong terbuat dari bahan-bahan alami seperti tepung, gula merah, dan santan. Meski begitu, kue ini memiliki nutrisi dan kandungan gizi yang cukup tinggi.

Setiap sajian Kue Rangin Pancong ukuran sedang dengan berat sekitar 100 gram, mengandung:

  • Kalori: 300 kalori
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 11 gram
  • Karbohidrat: 48 gram
  • Serat: 1 gram
  • Gula: 22 gram
  • Sodium: 48 mg

Dalam satu porsi kue, seseorang bisa mendapatkan asupan energi yang cukup tinggi. Namun, perlu diingat bahwa Kue Rangin Pancong mengandung banyak gula dan lemak, sehingga sebaiknya di konsumsi dengan bijak dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Resep Membuat Kue Rangin Pancong

Kue Rangin Pancong adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa manisnya yang khas dari gula merah. Dalam pembuatannya, dibutuhkan bahan-bahan yang sederhana dan alami seperti tepung, gula merah, santan, dan air.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan langkah-langkah pembuatan Kue Rangin Pancong yang mudah diikuti, serta variasi rasa yang bisa dicoba untuk memberikan sensasi yang berbeda dalam menikmati kue ini. Kue Rangin Pancong juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, meskipun perlu diingat bahwa konsumsi kue ini haruslah dijaga agar tidak berlebihan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi pembaca untuk mencoba membuat Kue Rangin Pancong sendiri di rumah. Selamat mencoba!

x
x