x

Resep Membuat Kue Kurma Tanpa Telur Legit

waktu baca 5 menit
Sabtu, 25 Mar 2023 14:25 0 364 administrator

Resep Membuat Kue Kurma Tanpa Telur Legit

Kue kurma menjadi salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh orang Indonesia. Rasanya yang manis dan legit dengan tekstur yang lembut dan renyah membuat kue ini menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati kapan saja. Namun, bagi sebagian orang, terutama yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap telur, membuat kue kurma menjadi sulit dilakukan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat kue kurma tanpa telur yang tetap legit dan lezat untuk dinikmati oleh semua orang. Simaklah dengan baik-baik resep dan tips yang kami berikan di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat kue kurma tanpa telur, Anda membutuhkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar atau toko bahan kue. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Tepung Terigu Protein Sedang (250 gram)
    Tepung terigu protein sedang menjadi bahan utama dalam membuat kue kurma tanpa telur. Pastikan Anda menggunakan tepung terigu yang berkualitas dan bebas dari gumpalan.
  2. Mentega Tawar (100 gram)
    Mentega tawar digunakan sebagai pengganti telur dalam resep ini. Gunakan mentega yang masih segar dan lembut untuk menghasilkan tekstur yang lezat dan legit.
  3. Gula Halus (75 gram)
    Gula halus digunakan sebagai pemanis dalam kue kurma tanpa telur. Jumlahnya dapat disesuaikan dengan selera.
  4. Susu Bubuk (1 sendok makan)
    Susu bubuk digunakan untuk menambahkan rasa dan aroma pada kue kurma tanpa telur. Gunakan susu bubuk yang berkualitas dan bebas dari bahan pengawet.
  5. Vanili Bubuk (1 sendok teh)
    Vanili bubuk digunakan untuk memberikan aroma yang khas pada kue kurma tanpa telur. Jangan terlalu banyak menggunakannya agar tidak mengganggu rasa asli dari kue kurma.
  6. Baking Powder (1 sendok teh)
    Baking powder digunakan sebagai bahan pengembang pada kue kurma tanpa telur. Pastikan Anda menggunakan baking powder yang segar dan bebas dari bahan kimia berbahaya.
  7. Air Matang (100 ml)
    Air matang digunakan sebagai pengganti telur dalam resep ini. Pastikan Anda menggunakan air yang bersih dan bebas dari kuman.
  8. Kurma Kering (100 gram)
    Kurma kering dicincang halus dan dicampurkan pada adonan kue kurma tanpa telur untuk memberikan rasa dan aroma yang khas.
  9. Garam (secukupnya)
    Garam digunakan untuk menambahkan rasa pada kue kurma tanpa telur. Jangan terlalu banyak menggunakannya agar tidak mengganggu rasa asli dari kue kurma.

Cara Membuat kue kurma tanpa telur yang lezat dan legit

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue kurma tanpa telur yang lezat dan legit:

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan dan ayak tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder. Campurkan semua bahan kering dalam satu wadah dan aduk rata.
  2. Tambahkan mentega tawar ke dalam adonan dan remas-remas hingga adonan tercampur rata.
  3. Setelah itu, tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga adonan tercampur rata dan menjadi adonan yang elastis.
  4. Tambahkan kurma kering yang sudah dicincang halus ke dalam adonan dan aduk rata.
  5. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil atau sesuai dengan selera.
  6. Panggang adonan di dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celsius selama 20-25 menit atau hingga matang. Pastikan untuk memantau proses pemanggangan agar tidak terlalu kering atau gosong.
  7. Setelah matang, keluarkan kue kurma dari oven dan biarkan dingin sejenak.
  8. Kue kurma tanpa telur siap disajikan. Nikmati kue kurma ini bersama dengan keluarga atau teman-teman terdekat.

Selamat mencoba!

Tips Membuat Kue Kurma Tanpa Telur:

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat kue kurma tanpa telur yang lezat dan legit:

  1. Pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam kondisi segar dan berkualitas baik. Hal ini akan mempengaruhi rasa dan tekstur kue kurma yang dihasilkan.
  2. Jangan terlalu banyak menguleni adonan karena dapat membuat kue kurma menjadi keras dan kering. Cukup uleni hingga adonan tercampur rata dan elastis.
  3. Tambahkan air sedikit-sedikit saat menguleni adonan untuk menghindari adonan yang terlalu lembek atau terlalu keras.
  4. Jangan terlalu banyak menambahkan kurma ke dalam adonan karena dapat membuat kue kurma menjadi terlalu manis dan kental.
  5. Panggang kue kurma pada suhu yang rendah dan sesuai dengan waktu yang dianjurkan agar tidak terlalu kering atau gosong.
  6. Gunakan mentega tawar agar kue kurma tidak terlalu keras dan kering.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Anda dapat membuat kue kurma tanpa telur yang lezat dan legit dengan mudah. Selamat mencoba!

Variasi Kue Kurma Tanpa Telur:

Selain kue kurma tanpa telur yang biasa, Anda juga dapat mencoba variasi kue kurma yang lebih beragam. Berikut adalah beberapa ide variasi kue kurma tanpa telur yang bisa Anda coba:

  1. Kue Kurma Coklat: Tambahkan coklat bubuk ke dalam adonan kue kurma untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan lezat.
  2. Kue Kurma Keju: Tambahkan keju parut ke dalam adonan kue kurma untuk memberikan rasa yang gurih dan nikmat.
  3. Kue Kurma Kacang: Tambahkan kacang tanah atau kacang almond yang sudah dicincang halus ke dalam adonan kue kurma untuk memberikan rasa yang renyah dan lezat.
  4. Kue Kurma Susu: Tambahkan susu kental manis ke dalam adonan kue kurma untuk memberikan rasa yang manis dan legit.
  5. Kue Kurma Green Tea: Tambahkan bubuk green tea ke dalam adonan kue kurma untuk memberikan rasa yang unik dan sehat.
  6. Kue Kurma Pisang: Tambahkan pisang yang sudah dihaluskan ke dalam adonan kue kurma untuk memberikan rasa yang lezat dan manis alami.

Dengan variasi-variasi di atas, diharapkan Anda dapat menikmati kue kurma tanpa telur yang lebih beragam dan lezat. Selamat mencoba!

Resep Membuat Kue Kurma Tanpa Telur Legit

Membuat kue kurma tanpa telur yang legit dan lezat tidak sulit. Dengan mengikuti resep dan tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membuat kue kurma tanpa telur dengan mudah di rumah. Anda juga dapat mencoba variasi-variasi kue kurma tanpa telur untuk memberikan variasi rasa yang lebih menarik. Dengan demikian, Anda dapat menikmati kue kurma tanpa telur yang sehat dan lezat kapan saja di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

x
x