x

Resep Kue Tradisional Gemblong Spesial Enak Gurih

waktu baca 3 menit
Rabu, 29 Mar 2023 00:04 0 489 administrator

Resep Kue Tradisional Gemblong Spesial Enak Gurih

Kue Gemblong merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan manis serta tekstur yang kenyal. Meskipun dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, membuat kue Gemblong sendiri di rumah juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Selain dapat memenuhi keinginan makan kue, membuat kue Gemblong sendiri juga memiliki manfaat tersendiri, seperti memperkuat rasa kebersamaan dalam keluarga dan meningkatkan keterampilan memasak. Dalam artikel ini, akan dibahas resep dan cara membuat kue Gemblong yang spesial dan enak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat kue Gemblong yang spesial dan enak, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 250 gram ketan putih
  • 200 ml air daun pandan
  • 100 ml air suji
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 gram kelapa parut kasar
  • 150 gram gula merah, dipotong kecil-kecil
  • 100 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dan disiapkan dengan baik sebelum memulai proses pembuatan kue Gemblong.

Cara Membuat Kue Gemblong Special

Berikut ini adalah cara membuat kue Gemblong yang spesial dan enak:

  1. Pertama-tama, cuci bersih ketan putih dan rendam selama minimal 2 jam. Kemudian tiriskan ketan hingga benar-benar kering.
  2. Setelah itu, masak ketan putih dengan air daun pandan dan air suji hingga ketan matang dan air kering. Aduk-aduk ketan secara terus-menerus agar tidak gosong. Tambahkan garam dan aduk rata.
  3. Setelah ketan matang, ambil sejumput ketan dan bulatkan. Kemudian pipihkan dan taruh gula merah di tengahnya. Lipat ketan hingga gula merah tertutup rata dan bulatkan kembali.
  4. Ulangi proses tersebut sampai seluruh ketan dan gula merah habis.
  5. Siapkan wajan dan goreng kelapa parut kasar dengan api sedang hingga kuning kecokelatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  6. Goreng kue Gemblong yang sudah dibentuk dengan api sedang hingga kuning kecokelatan. Jangan terlalu banyak menggoreng kue sekaligus agar tidak mengganggu suhu minyak.
  7. Setelah kue Gemblong matang dan kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  8. Ambil beberapa helai daun pandan dan potong-potong. Kemudian goreng daun pandan tersebut dengan minyak yang sama hingga renyah. Tiriskan.
  9. Setelah semuanya selesai, siapkan piring dan tata kue Gemblong di atasnya. Taburi dengan kelapa goreng dan beri hiasan daun pandan goreng di atasnya.
  10. Kue Gemblong spesial dan enak siap disajikan.

Itulah cara membuat kue Gemblong yang spesial dan enak. Selamat mencoba!

Tips dan Trik

Agar hasil kue Gemblong yang dihasilkan maksimal, berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan:

  1. Pastikan ketan yang digunakan benar-benar kering sebelum dimasak. Jangan lupa untuk merendamnya terlebih dahulu agar ketan empuk dan mudah diolah.
  2. Saat menggoreng kelapa parut, pastikan suhu minyak tidak terlalu panas agar kelapa tidak gosong. Gunakan api sedang agar kelapa bisa matang secara merata.
  3. Gunakan gula merah yang berkualitas baik agar hasil kue Gemblong lebih enak dan gurih.
  4. Jangan terlalu banyak menggoreng kue sekaligus agar suhu minyak tetap stabil dan kue matang secara merata.
  5. Saat menata kue di atas piring, pastikan kelapa goreng sudah dingin agar tidak mengakibatkan kue menjadi lembab.

Dengan menerapkan tips dan trik di atas, diharapkan hasil kue Gemblong yang dihasilkan lebih enak dan sempurna.

Resep Kue Tradisional Gemblong Spesial Enak Gurih

Kue Gemblong merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat lezat dan nikmat. Resep kue Gemblong Special ini sangat mudah untuk diikuti dan dapat dihasilkan dengan bahan yang mudah didapatkan di pasar tradisional. Dengan mengikuti resep ini serta menerapkan tips dan trik yang telah disebutkan, diharapkan dapat menghasilkan kue Gemblong yang lezat dan sempurna. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

x
x