x

Resep Kue Klepon Tepung Ketan: Lezat dan Mudah Dibuat

waktu baca 5 menit
Selasa, 28 Mar 2023 01:26 0 417 administrator

Resep Kue Klepon Tepung Ketan: Lezat dan Mudah Dibuat

Kue klepon tepung ketan merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Kue ini biasanya terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat kecil dan diisi dengan gula merah yang kemudian direbus dan digulingkan di atas kelapa parut. Meskipun rasanya sederhana, namun kue klepon tepung ketan sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

Sejarah kue klepon sudah sangat tua dan menjadi bagian dari budaya kuliner masyarakat Indonesia. Awalnya, kue klepon dibuat dari bahan-bahan yang sederhana dan dibuat untuk keperluan upacara adat. Kini, kue klepon telah menjadi salah satu jenis kue tradisional yang populer dan bisa ditemukan dengan mudah di warung-warung atau pasar tradisional.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai resep kue klepon tepung ketan yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Selain itu, juga akan dibahas mengenai bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan, langkah-langkah pembuatan, variasi kue klepon, serta tips dalam penyajian dan penyimpanan kue klepon tepung ketan.

Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue klepon tepung ketan, ada beberapa bahan dan peralatan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

Bahan-bahan:
  • Tepung ketan sebanyak 250 gram
  • Air matang sebanyak 200 ml
  • Gula pasir sebanyak 50 gram
  • Garam halus sebanyak 1/4 sendok teh
  • Gula merah yang telah diparut halus sebanyak 150 gram
  • Kelapa parut kasar yang telah disangrai sebanyak 150 gram
  • Daun pandan segar secukupnya (opsional)
Peralatan:
  • Wadah untuk adonan
  • Sendok atau spatula
  • Panci atau wajan untuk merebus kue klepon
  • Mangkok kecil untuk menggiling gula merah
  • Alat untuk membentuk adonan menjadi bola kecil, bisa menggunakan tangan atau sendok kecil
  • Gelas atau wadah untuk menakar air

Pastikan bahan dan peralatan yang digunakan dalam kondisi bersih dan kering sebelum memulai proses pembuatan kue klepon tepung ketan. Dengan mempersiapkan bahan dan peralatan dengan baik, proses pembuatan kue klepon tepung ketan akan menjadi lebih mudah dan hasilnya pun akan lebih maksimal.

Langkah-langkah pembuatan kue klepon tepung ketan

Setelah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan, berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kue klepon tepung ketan:

  1. Campurkan tepung ketan, gula pasir, dan garam halus dalam wadah yang besar. Aduk rata menggunakan sendok atau spatula.
  2. Tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dengan tangan.
  3. Setelah adonan tercampur rata, bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama.
  4. Ambil satu bagian adonan, bentuk bulat kecil, lalu pipihkan dengan tangan.
  5. Letakkan gula merah parut di tengah adonan pipih, kemudian rapatkan kembali adonan hingga membentuk bola kecil yang berisi gula merah.
  6. Ulangi langkah 4-5 untuk membuat kue klepon sampai adonan habis.
  7. Didihkan air dalam panci atau wajan, lalu masukkan bola-bola adonan ke dalam air yang mendidih.
  8. Masak kue klepon sampai bola-bola adonan mengapung di atas air dan terlihat matang.
  9. Angkat kue klepon dengan menggunakan sendok berlubang atau saringan, lalu tiriskan.
  10. Gulingkan kue klepon pada kelapa parut yang telah disangrai hingga bola-bola adonan tertutupi kelapa parut.
  11. Sajikan kue klepon tepung ketan dalam wadah atau piring yang bersih dan sajikan selagi masih hangat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kue klepon tepung ketan yang lezat dan kenyal bisa dengan mudah dibuat di rumah. Pastikan memasak kue klepon dengan api yang tidak terlalu besar agar matangnya merata dan tidak gosong.

Variasi kue klepon

Kue klepon tepung ketan yang biasanya berisi gula merah parut dan dilumuri dengan kelapa parut, dapat di variasi dengan berbagai bahan dan rasa yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa variasi kue klepon yang bisa dicoba:

  1. Kue klepon coklat: Tambahkan bubuk coklat ke dalam adonan tepung ketan untuk memberikan rasa dan warna coklat pada kue klepon. Isi dengan coklat batangan atau pasta coklat agar lebih nikmat.
  2. Kue klepon kacang: Tambahkan kacang tanah yang sudah dihaluskan atau kacang hijau yang sudah direbus dan dihaluskan ke dalam adonan kue klepon.
  3. Kue klepon pandan: Tambahkan pasta pandan ke dalam adonan tepung ketan untuk memberikan rasa pandan yang segar. Isi dengan gula merah atau keju agar lebih lezat.
  4. Kue klepon keju: Isi kue klepon dengan keju parut atau pasta keju untuk memberikan rasa gurih yang lezat. Campurkan juga sedikit garam ke dalam adonan agar kejunya semakin terasa.
  5. Kue klepon isi buah: Isi kue klepon dengan buah-buahan seperti strawberry, mangga, atau alpukat yang sudah dipotong kecil-kecil. Berikan juga sedikit gula supaya lebih manis.

Dengan variasi-variasi tersebut, kue klepon dapat menjadi lebih bervariasi dan menarik. Cobalah variasi-variasi tersebut dan temukan rasa kue klepon favoritmu!

Saran penyajian dan penyimpanan kue klepon tepung ketan

Setelah kue klepon tepung ketan selesai dibuat, berikut adalah beberapa saran untuk penyajian dan penyimpanannya:

Penyajian:
  1. Sajikan kue klepon dalam suhu ruangan atau suhu yang agak dingin agar tetap kenyal dan enak saat dimakan.
  2. Sajikan kue klepon di atas piring atau wadah yang telah diberi taburan kelapa parut agar lebih nikmat.
  3. Kue klepon bisa disajikan sebagai makanan penutup atau sebagai camilan.
Penyimpanan:
  1. Kue klepon sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es agar tetap tahan lama dan terhindar dari jamur atau bakteri.
  2. Hindari menumpuk kue klepon dalam satu wadah agar tidak saling menempel dan merusak bentuknya.
  3. Kue klepon dapat disimpan selama 2-3 hari di dalam lemari es. Sebaiknya jangan disimpan terlalu lama agar tidak kehilangan kelembapan dan kenyalnya.

Dengan mengikuti saran-saran tersebut, kue klepon tepung ketan akan tetap enak dan nikmat ketika disajikan. Selamat mencoba!

Resep Kue Klepon Tepung Ketan: Lezat dan Mudah Dibuat

Kue klepon tepung ketan merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Resep kue klepon tepung ketan sangat mudah dan sederhana untuk diikuti dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Dalam pembuatannya, diperlukan ketelitian dan kejelian agar kue klepon yang dihasilkan dapat memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang enak. Selain itu, terdapat banyak variasi kue klepon yang dapat dijadikan variasi rasa dan bentuk. Oleh karena itu, kue klepon tepung ketan dapat menjadi pilihan makanan yang cocok untuk disajikan dalam berbagai acara atau sebagai camilan sehari-hari. Dengan mengikuti saran penyajian dan penyimpanan yang tepat, kue klepon tepung ketan dapat tetap tahan lama dan enak ketika disajikan.

x
x