x

Resep Kue Kering Semprit Susu: Cara Mudah Membuat Kue Enak dan Gurih

waktu baca 5 menit
Jumat, 31 Mar 2023 01:16 0 371 administrator

Resep Kue Kering Semprit Susu

Kue kering semprit susu adalah salah satu jenis kue kering yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan renyah membuat kue ini menjadi favorit bagi banyak orang, baik sebagai camilan maupun hadiah untuk acara khusus seperti lebaran atau pernikahan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang resep dan cara membuat kue kering semprit susu yang enak dan gurih. Kita akan memberikan detail mengenai bahan-bahan yang dibutuhkan, langkah-langkah pembuatan, tips dan trik, serta variasi resep yang bisa dicoba. Dengan artikel ini, diharapkan pembaca dapat membuat kue kering semprit susu sendiri di rumah dengan mudah dan menghemat biaya dari membeli kue di toko.

Selain itu, membuat kue sendiri di rumah juga memberikan kepuasan tersendiri dan mempererat hubungan dengan keluarga atau teman saat membuat kue bersama-sama. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai dengan membahas bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering semprit susu.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat kue kering semprit susu, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering semprit susu yang enak dan gurih:

  • Tepung terigu sebanyak 250 gram
  • Mentega sebanyak 200 gram
  • Gula tepung sebanyak 100 gram
  • Susu bubuk sebanyak 3 sendok makan
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Garam sejumput
  • Pasta vanilla sebanyak 1 sendok teh
  • Kuning telur ayam sebanyak 1 butir (untuk olesan)
  • Warna makanan (optional)

Pastikan semua bahan yang digunakan dalam keadaan suhu ruang, terutama mentega yang harus dicairkan terlebih dahulu. Selain itu, gunakan susu bubuk yang berkualitas untuk hasil yang lebih enak dan gurih.

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan kue kering semprit susu. Simak langkah-langkahnya pada bagian selanjutnya.

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue kering semprit susu yang enak dan gurih:

  1. Pertama-tama, campurkan mentega, gula tepung, susu bubuk, dan garam dalam mangkuk besar. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan telur ayam ke dalam campuran mentega dan aduk lagi hingga tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam campuran mentega sambil terus diaduk hingga adonan kalis.
  4. Tambahkan pasta vanilla dan warna makanan (jika menggunakan) dan aduk rata.
  5. Siapkan loyang yang telah dioles dengan mentega. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga dengan spuit semprit susu pada ujungnya. Semprotkan adonan ke atas loyang dalam bentuk yang diinginkan.
  6. Olesi permukaan adonan dengan kuning telur ayam.
  7. Panaskan oven pada suhu 150-160 derajat Celsius selama 10 menit.
  8. Panggang kue selama 20-25 menit hingga matang dan berwarna kekuningan.
  9. Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin di atas rak kawat.
  10. Kue kering semprit susu siap disajikan dan dinikmati.

Itulah langkah-langkah untuk membuat kue kering semprit susu yang enak dan gurih. Namun, agar hasilnya lebih maksimal, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa dicoba.

Variasi Resep Kue Kering Semprit Susu

Kue kering semprit susu adalah salah satu jenis kue kering yang populer dan banyak disukai oleh banyak orang. Selain resep dasar yang sudah dijelaskan sebelumnya, berikut adalah beberapa variasi resep kue kering semprit susu yang bisa dicoba:

  1. Kue Kering Semprit Susu Cokelat
    Tambahkan cokelat bubuk ke dalam adonan kue sebelum dicetak dengan spuit semprit susu. Dengan tambahan ini, kue semprit susu akan memiliki rasa yang lebih gurih dan aroma cokelat yang harum.
  2. Kue Kering Semprit Susu Keju
    Tambahkan keju parut ke dalam adonan kue sebelum dicetak dengan spuit semprit susu. Keju akan memberikan rasa gurih yang lezat pada kue semprit susu.
  3. Kue Kering Semprit Susu Pandan
    Tambahkan pasta pandan ke dalam adonan kue sebelum dicetak dengan spuit semprit susu. Kue semprit susu ini akan memiliki warna hijau yang indah dan aroma pandan yang harum.
  4. Kue Kering Semprit Susu Kacang
    Tambahkan kacang yang sudah dihaluskan ke dalam adonan kue sebelum dicetak dengan spuit semprit susu. Kue semprit susu ini akan memiliki rasa gurih dari kacang dan tekstur yang renyah.
  5. Kue Kering Semprit Susu Kismis
    Tambahkan kismis ke dalam adonan kue sebelum dicetak dengan spuit semprit susu. Kismis akan memberikan rasa manis yang lezat pada kue semprit susu.

Itulah beberapa variasi resep kue kering semprit susu yang bisa dicoba untuk menambah variasi dalam hidangan Anda. Selamat mencoba!

Cara Menyimpan Kue Kering Semprit Susu

Setelah kue kering semprit susu selesai dibuat, penting untuk mengetahui cara menyimpannya agar tetap tahan lama dan enak saat dikonsumsi. Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan kue kering semprit susu:

  1. Simpan kue di dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembaban kue agar tetap terjaga. Pastikan wadah yang digunakan benar-benar bersih dan kering.
  2. Jangan lupa untuk menempatkan kue di tempat yang kering dan sejuk, hindari sinar matahari langsung. Jangan juga menempatkan kue di tempat yang terlalu lembap karena bisa membuat kue menjadi lembek.
  3. Pastikan kue benar-benar dingin sebelum disimpan ke dalam wadah. Anda bisa menunggu sekitar 30-60 menit setelah kue dikeluarkan dari oven.
  4. Jika ingin menyimpan kue dalam waktu yang lebih lama, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer dengan cara membungkus kue dengan plastik pembungkus dan dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.
  5. Untuk menghindari kerusakan pada kue kering semprit susu, hindari menumpuk kue satu sama lainnya. Usahakan untuk meletakkan kue dengan jarak yang cukup.

Dengan mengetahui cara menyimpan kue kering semprit susu dengan benar, Anda bisa menikmati kue tersebut dalam kondisi yang tetap enak dan segar. Selamat mencoba!

Resep Kue Kering Semprit Susu: Cara Mudah Membuat Kue Enak dan Gurih

Kue kering semprit susu merupakan salah satu jenis kue kering yang cukup populer di Indonesia. Dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan, serta dengan cara yang mudah, membuat kue ini menjadi favorit banyak orang. Selain itu, variasi resep kue kering semprit susu yang bisa disesuaikan dengan selera juga membuat kue ini semakin diminati.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah pembuatan kue kering semprit susu. Selain itu, juga dijelaskan variasi resep kue kering semprit susu yang bisa dicoba untuk menambah variasi rasa. Tak ketinggalan, cara menyimpan kue kering semprit susu yang benar juga perlu diperhatikan agar kue tetap tahan lama dan enak saat dikonsumsi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue kering semprit susu sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati kue kering semprit susu yang lezat!

x
x