x

Resep Kue Kamir: Cara Membuat Kue Khas Aceh yang Enak dan Gurih

waktu baca 4 menit
Sabtu, 25 Mar 2023 02:22 0 624 administrator

Resep Kue Kamir

Kue kamir adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari Aceh. Kue ini terbuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan campuran kelapa dan gula merah, kemudian dibentuk seperti bola dan digoreng.

Kue kamir sangat populer di Aceh dan sering dihidangkan pada acara-acara tertentu, seperti pernikahan dan hari raya. Dalam blog post ini, kami akan berbagi resep kue kamir yang mudah diikuti dan enak. Selain itu, kami juga akan membahas berbagai tips dan trik untuk membuat kue kamir yang sempurna. Semoga blog post ini bisa membantu kamu dalam membuat kue kamir yang lezat dan menghidupkan kembali tradisi kue Aceh.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue kamir:

  • 500 gram tepung ketan
  • 200 ml air hangat
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 gram kelapa parut kasar
  • 200 gram gula merah, serut halus
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan-bahan ini dapat ditemukan dengan mudah di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan kue kamir yang enak dan lezat.

Cara membuat adonan tepung ketan

  1. Campurkan tepung ketan dan garam dalam sebuah wadah, aduk rata.
  2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan bisa dipulung. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras.
  3. Setelah adonan kalis, tutup wadah dengan kain bersih dan biarkan selama 30 menit agar adonan mengembang.

Tips: Pastikan air yang digunakan tidak terlalu banyak atau sedikit agar adonan tepung ketan bisa kalis dengan baik. Jangan lupa tutup wadah adonan dengan kain bersih agar tidak terkena debu dan kotoran.

Membuat isi kue kamir

  1. Panaskan wajan di atas api kecil dan masukkan kelapa parut kasar ke dalam wajan tersebut.
  2. Tambahkan gula merah serut halus ke dalam wajan dan aduk hingga gula merah larut dan tercampur rata dengan kelapa parut.
  3. Masak campuran kelapa dan gula merah sambil terus diaduk hingga bahan matang dan berubah warna menjadi kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

Tips: Pastikan untuk terus mengaduk campuran kelapa dan gula merah saat memasak agar tidak gosong atau terbakar. Setelah matang, dinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai isi kue kamir.

Membentuk kue kamir

  1. Ambil adonan tepung ketan yang sudah mengembang, bulatkan adonan dan pipihkan sedikit.
  2. Beri isi kelapa dan gula merah di tengah-tengah adonan.
  3. Rapatkan adonan tepung ketan hingga isi tertutup rapat.
  4. Gulingkan adonan hingga berbentuk bola kecil.
  5. Lakukan langkah yang sama hingga adonan habis.

Tips: Pastikan isi kelapa dan gula merah sudah cukup dingin sebelum diberikan ke dalam adonan. Usahakan untuk menutup adonan tepung ketan dengan rapat agar isi tidak tumpah saat digoreng. Gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng kue kamir agar kue matang secara merata dan tidak mudah gosong.

Variasi kue kamir

  1. Kue kamir isi kacang hijau: gunakan kacang hijau yang sudah direndam selama beberapa jam, kukus hingga matang dan haluskan. Campurkan dengan gula pasir dan sedikit garam, lalu masak seperti membuat isi kelapa dan gula merah.
  2. Kue kamir isi cokelat: gunakan potongan cokelat atau meses sebagai isi kue kamir. Pastikan untuk menutup adonan tepung ketan dengan rapat agar isi tidak tumpah saat digoreng.
  3. Kue kamir isi keju: gunakan keju parut sebagai isi kue kamir. Tambahkan sedikit gula pasir dan aduk rata sebelum dimasukkan ke dalam adonan tepung ketan.

Tips: Be creative! Selain ketiga varian di atas, masih banyak variasi kue kamir yang bisa dicoba seperti isi durian, kacang mete, atau bahkan daging rendang. Jangan lupa untuk menyesuaikan rasa isi dengan selera masing-masing.

Tips dan trik

  1. Gunakan tepung ketan yang berkualitas untuk menghasilkan kue kamir yang lembut dan kenyal.
  2. Aduk adonan tepung ketan dengan air sedikit-sedikit agar teksturnya tidak terlalu lembek.
  3. Diamkan adonan selama beberapa jam agar mengembang dan lebih mudah dibentuk.
    Pastikan isi kelapa dan gula merah sudah cukup dingin sebelum dimasukkan ke dalam adonan.
  4. Rapatkan adonan tepung ketan dengan baik agar isi tidak tumpah saat digoreng.
  5. Gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng kue kamir agar matang secara merata dan tidak mudah gosong.
  6. Setelah digoreng, tiriskan kue kamir pada wadah berisi kertas minyak atau tissue untuk menghilangkan sisa minyak.
  7. Sajikan kue kamir dalam keadaan hangat untuk mendapatkan sensasi kenyal dan lembut yang lebih nikmat.

Tips: Untuk hasil yang lebih maksimal, coba gunakan panci pengukus atau alat pemanggang khusus kue kamir. Hal ini akan membantu mematangkan kue secara merata dan menghasilkan tekstur yang lebih bagus.

Resep Kue Kamir: Cara Membuat Kue Khas Aceh yang Enak dan Gurih

Kue kamir adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki tekstur kenyal dan lembut. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara membuat yang cukup sederhana, kue kamir bisa menjadi pilihan camilan yang enak dan cocok disajikan di berbagai acara.

Selain itu, variasi isi dan rasa juga membuat kue kamir semakin menarik untuk dicoba. Dengan mengikuti tips dan trik yang sudah disebutkan di atas, diharapkan kamu bisa menghasilkan kue kamir yang lezat dan sempurna. Selamat mencoba!

 

x
x