x

Resep Kue Coklat Kering: Cara Mudah Membuat Kue Coklat Enak

waktu baca 4 menit
Minggu, 26 Mar 2023 23:16 0 483 administrator

Resep Kue Coklat Kering

Kue coklat kering menjadi salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh orang-orang, baik anak-anak maupun dewasa. Selain rasanya yang enak dan lezat, kue coklat kering juga sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang tidak sulit didapatkan di pasaran. Dalam artikel ini, akan dibahas resep kue coklat kering yang sangat mudah dan enak, sehingga bisa dijadikan sebagai camilan sehari-hari atau untuk disajikan pada saat acara tertentu. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kue coklat kering yang enak dan mudah di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue coklat kering, pastikan untuk menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue coklat kering:

  • 250 gram margarin
  • 100 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 325 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram susu bubuk
  • 25 gram coklat bubuk
  • 1/4 sendok teh garam halus

Selain itu, persiapkan juga bahan taburan seperti wijen atau kacang almond yang akan digunakan untuk taburan di atas kue coklat kering. Jika semua bahan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat adonan kue coklat kering.

Langkah-Langkah Membuat Kue Coklat Kering

  1. Pertama-tama, siapkan wadah dan mixer untuk mengocok margarin dan gula halus hingga lembut dan tercampur rata.
  2. Setelah itu, masukkan kuning telur ke dalam adonan margarin dan gula halus, lalu aduk kembali hingga tercampur sempurna.
  3. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, coklat bubuk, dan garam halus ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis.
  4. Ambil adonan, lalu pipihkan menggunakan rolling pin hingga ketebalan kurang lebih 1 cm.
  5. Setelah itu, gunakan cetakan kue untuk mencetak adonan dan letakkan pada loyang yang telah diolesi margarin atau dialasi dengan kertas baking.
  6. Taburkan wijen atau kacang almond di atas adonan kue coklat kering.
  7. Panaskan oven pada suhu 150 derajat Celsius dan panggang kue selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  8. Angkat kue dan dinginkan sejenak sebelum disajikan atau disimpan dalam toples kedap udara.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kue coklat kering yang enak dan mudah dibuat sudah siap disajikan. Selamat mencoba!

Tips Membuat Kue Coklat Kering yang Enak

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat kue coklat kering yang enak dan lezat:

  1. Gunakan margarin yang berkualitas baik untuk menghasilkan kue yang empuk dan lezat.
  2. Pastikan bahan-bahan seperti tepung terigu, susu bubuk, dan coklat bubuk diayak terlebih dahulu agar adonan tidak bergerindil dan tercampur rata.
  3. Pipihkan adonan kue dengan ketebalan yang sama agar kue matang secara merata dan tidak terlalu tebal atau tipis.
  4. Pemanggangan pada suhu yang tepat dan waktu yang cukup adalah kunci untuk menghasilkan kue yang matang dan berwarna kecoklatan dengan baik.
  5. Gunakan toples kedap udara untuk menyimpan kue agar tetap tahan lama dan tidak mudah lembek.

Dengan mengikuti tips di atas, dijamin kue coklat kering yang dihasilkan akan lebih enak dan lezat. Selamat mencoba!

Variasi Resep Kue Coklat Kering

Selain resep kue coklat kering yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa variasi resep yang bisa dicoba, di antaranya:

  1. Kue coklat kering dengan tambahan kacang almond, kismis, atau choco chip untuk memberikan rasa yang lebih crunchy dan kaya akan tekstur.
  2. Kue coklat kering dengan tambahan parutan kulit jeruk atau bubuk kayu manis untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar.
  3. Kue coklat kering dengan tambahan mentega kacang untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan kaya akan protein.
  4. Kue coklat kering dengan tambahan susu kental manis atau karamel untuk memberikan rasa yang lebih manis dan gurih.

Dengan variasi-resep di atas, kue coklat kering yang dihasilkan akan lebih beragam dan menarik. Selamat mencoba!

Cara Menyajikan Kue Coklat Kering

Setelah kue coklat kering selesai dibuat, kini saatnya untuk menyajikan dan menikmatinya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menyajikan kue coklat kering:

  1. Sajikan kue coklat kering di atas piring atau mangkuk dengan cara menata kue secara rapih dan menarik.
  2. Gunakan wadah atau toples kedap udara untuk menyimpan kue coklat kering agar tetap segar dan tahan lama.
  3. Sajikan kue coklat kering bersama dengan teh atau kopi hangat untuk menambah nikmat dan kelezatan kue.
  4. Jika ingin memberikan tampilan yang lebih menarik, tambahkan hiasan pada kue coklat kering seperti gula halus atau cacahan kacang almond di atasnya.

Dengan cara penyajian yang tepat, kue coklat kering akan terlihat lebih menarik dan enak saat disantap. Selamat mencoba!

Resep Kue Coklat Kering: Cara Mudah Membuat Kue Coklat Enak

Membuat kue coklat kering tidak sulit dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan serta langkah-langkah yang sederhana, kue coklat kering bisa menjadi camilan yang enak dan cocok untuk dinikmati kapan saja.

Selain itu, dengan variasi-resep yang beragam, kue coklat kering dapat dibuat dengan berbagai macam rasa dan tekstur yang menarik. Namun, perlu diingat juga untuk memperhatikan tips dalam membuat kue coklat kering agar menghasilkan kue yang enak dan lezat.

Terakhir, dengan cara penyajian yang tepat, kue coklat kering akan terlihat lebih menarik dan nikmat saat disajikan. Selamat mencoba membuat kue coklat kering sendiri di rumah!

x
x