x

Resep Es Pisang Ijo: Nikmatnya Es Khas Makassar

waktu baca 4 menit
Selasa, 21 Mar 2023 13:34 0 475 administrator

Resep Es Pisang Ijo

Halo pembaca! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sudah sangat terkenal, yaitu Es Pisang Ijo. Mungkin sebagian dari kalian sudah sangat familiar dengan makanan ini, tapi bagi yang belum tahu, jangan khawatir karena saya akan mengenalkannya pada kalian.

Es Pisang Ijo berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, dan sudah menjadi hidangan yang sangat populer di seluruh Indonesia. Terbuat dari ketan yang dibungkus dengan adonan daun pandan, lalu diisi dengan potongan pisang yang lezat dan disajikan dengan es serut serta sirup gula merah, Es Pisang Ijo sangat cocok untuk mengatasi dahaga di hari-hari panas.

Namun, mungkin tidak semua dari kalian bisa menikmati Es Pisang Ijo setiap hari. Oleh karena itu, pada artikel ini, saya akan memberikan resep lengkap dan mudah untuk membuat Es Pisang Ijo di rumah. Yuk simak terus artikel ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum kita memulai membuat Es Pisang Ijo, tentunya kita perlu menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kalian siapkan:

  • 250 gram ketan
  • 200 ml air pandan
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • Daun pandan secukupnya
  • Pisang raja yang sudah matang
  • Es serut secukupnya
  • Sirup gula merah secukupnya

Pastikan kalian memilih ketan yang bagus dan berkualitas, serta pisang yang sudah matang dan tidak terlalu lembek. Selain itu, gunakan daun pandan yang segar untuk mendapatkan aroma yang lebih enak. Dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan dengan baik, kita bisa memulai membuat adonan ketan untuk Es Pisang Ijo yang lezat.

Cara membuat adonan ketan

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan ketan. Berikut adalah cara membuatnya:

  1. Cuci bersih ketan, lalu rendam dengan air selama minimal 2 jam.
  2. Setelah itu, kukus ketan selama 30-40 menit hingga matang.
  3. Setelah ketan matang, angkat dan biarkan dingin.
  4. Campurkan air pandan, gula pasir, garam, dan daun pandan secukupnya dalam panci, lalu panaskan dengan api kecil hingga gula larut dan adonan menjadi kental.
  5. Setelah itu, masukkan ketan ke dalam adonan pandan, lalu aduk hingga rata.
  6. Kukus lagi ketan yang sudah dicampur dengan adonan pandan selama sekitar 20-30 menit.
  7. Setelah matang, angkat dan dinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, adonan ketan untuk Es Pisang Ijo sudah siap untuk diisi dengan pisang. Yuk lanjut ke poin selanjutnya!

Variasi Es Pisang Ijo

Selain Es Pisang Ijo dengan isi pisang, ternyata ada banyak variasi lain yang bisa kalian coba. Berikut ini beberapa variasi Es Pisang Ijo yang bisa kalian buat di rumah:

  1. Es Pisang Ijo Kacang Hijau
  2. Tambahkan kacang hijau yang sudah direbus ke dalam adonan ketan untuk variasi yang lebih gurih.
  3. Es Pisang Ijo Keju
  4. Tambahkan keju parut ke dalam adonan ketan untuk variasi yang lebih gurih dan creamy.
  5. Es Pisang Ijo Cokelat
  6. Tambahkan bubuk cokelat ke dalam adonan ketan untuk variasi yang lebih manis dan cokelat.
  7. Es Pisang Ijo Kelapa
  8. Tambahkan kelapa parut ke dalam adonan ketan untuk variasi yang lebih segar dan lezat.

Kalian juga bisa bereksperimen dengan topping Es Pisang Ijo, seperti sirup gula merah, susu kental manis, dan buah segar. Selamat mencoba!

Tips dan trik membuat Es Pisang Ijo

Membuat Es Pisang Ijo mungkin terlihat sulit, tapi sebenarnya cukup mudah asal kamu tahu tips dan triknya. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membuat Es Pisang Ijo yang sempurna:

  1. Gunakan ketan yang berkualitas bagus untuk hasil yang lebih enak dan kenyal.
  2. Rendam ketan dalam air selama minimal 2 jam agar lebih mudah dimasak dan menjadi lebih kenyal.
  3. Kukus ketan hingga matang, jangan direbus, karena ketan yang direbus cenderung lebih mudah hancur.
  4. Jangan terlalu banyak menggunakan air pandan saat membuat adonan pandan agar tidak terlalu cair dan sulit untuk diaduk.
  5. Ketika memasukkan ketan ke dalam adonan pandan, pastikan adonannya sudah cukup panas agar ketan lebih mudah menyerap adonan pandan.
  6. Setelah diisi dengan pisang, pastikan adonan ketan cukup tebal sehingga tidak mudah pecah saat digulung.
  7. Kukus Es Pisang Ijo dengan api kecil agar tidak cepat matang di luar tetapi masih mentah di dalam.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Es Pisang Ijo yang kamu buat di rumah pasti akan sempurna dan enak. Selamat mencoba!

Resep Es Pisang Ijo: Nikmatnya Es Khas Makassar

Es Pisang Ijo merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang manis, segar, dan kenyal membuat Es Pisang Ijo menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan tubuh di hari yang panas. Tidak hanya itu, Es Pisang Ijo juga mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat Es Pisang Ijo yang enak dan kenyal. Mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan, cara membuat adonan ketan dan adonan pandan, hingga variasi dan tips dan trik membuat Es Pisang Ijo yang sempurna.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba membuat Es Pisang Ijo di rumah. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk bereksperimen dengan variasi dan topping yang berbeda untuk mendapatkan rasa yang lebih unik dan lezat.

x
x