x

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus: Cara Mudah Membuat Kue Khas Indonesia

waktu baca 4 menit
Minggu, 26 Mar 2023 22:52 0 360 administrator

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus

Bolu ketan hitam kukus merupakan salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang populer di masyarakat. Kue ini terbuat dari ketan hitam yang dicampur dengan gula pasir, telur, baking powder, dan pasta pandan, kemudian dikukus hingga matang. Bolu ketan hitam kukus memiliki cita rasa yang lezat dan aroma yang harum, serta konsistensi yang lembut dan kenyal.

Tidak sulit untuk membuat bolu ketan hitam kukus di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan relatif mudah didapatkan di pasar atau toko bahan kue. Selain itu, proses pembuatannya juga tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan banyak waktu. Bolu ketan hitam kukus juga dapat disajikan dalam berbagai acara, seperti perayaan ulang tahun, arisan, atau bahkan hanya sebagai camilan di rumah.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah untuk membuat bolu ketan hitam kukus yang lezat dan berhasil. Kami juga akan memberikan tips dan trik untuk memastikan adonan bolu ketan hitam kukus yang benar, serta ide-ide variasi penyajian agar bolu ketan hitam kukus terlihat menarik.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan bolu ketan hitam kukus, ada beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Ketan hitam sebanyak 250 gram
  • Gula pasir sebanyak 150 gram
  • Telur ayam sebanyak 4 butir
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  • Pasta pandan secukupnya

Selain bahan-bahan di atas, berikut adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat bolu ketan hitam kukus:

  • Loyang bolu kukus ukuran sedang
  • Mixer atau wisk untuk mengaduk adonan
  • Pengukur untuk mengukur bahan-bahan
  • Pisau untuk memotong bolu ketan hitam kukus setelah matang

Pastikan semua bahan dan alat sudah disiapkan sebelum memulai proses pembuatan
bolu ketan hitam kukus. Hal ini akan mempermudah proses pembuatan dan memastikan
hasil yang lebih baik.

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus

Setelah semua bahan dan alat disiapkan, maka kita dapat memulai proses pembuatan bolu ketan hitam kukus. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Pertama-tama, cuci ketan hitam hingga bersih dan rendam dalam air selama minimal 4 jam atau semalaman.
  2. Setelah itu, tiriskan ketan hitam dari air rendaman dan haluskan menggunakan blender atau food processor.
  3. Campurkan ketan hitam yang telah dihaluskan dengan gula pasir dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan telur ayam satu per satu sambil terus diaduk hingga adonan tercampur sempurna.
  5. Tambahkan baking powder dan pasta pandan secukupnya ke dalam adonan dan aduk hingga rata.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang bolu kukus yang telah diolesi dengan sedikit margarin atau minyak goreng.
  7. Panaskan panci pengukus dengan air hingga mendidih. Setelah itu, letakkan loyang bolu ketan hitam kukus ke dalam panci pengukus.
  8. Kukus adonan bolu ketan hitam selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Gunakan tusuk gigi untuk memeriksa kematangan bolu ketan hitam kukus. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.
  9. Angkat loyang bolu ketan hitam kukus dari panci pengukus dan biarkan dingin selama beberapa saat.
  10. Setelah itu, keluarkan bolu ketan hitam kukus dari loyang dan potong-potong sesuai dengan selera.

Bolu ketan hitam kukus siap disajikan sebagai camilan atau sebagai hidangan penutup di acara spesial. Selamat mencoba!

Penyajian

Bolu ketan hitam kukus dapat disajikan dalam berbagai kesempatan seperti acara keluarga, kumpul-kumpul dengan teman, atau sebagai camilan di waktu santai. Berikut adalah beberapa cara penyajian bolu ketan hitam kukus yang bisa kamu coba:

  1. Sajikan bolu ketan hitam kukus dalam bentuk potongan-potongan kecil di atas piring dan beri topping sesuai selera seperti keju parut atau meses.
  2. Bolu ketan hitam kukus juga bisa disajikan dalam bentuk cupcake dengan cara menambahkan baking cup saat mengukus adonan bolu. Tambahkan topping berupa krim atau hiasan cupcake sesuai selera.
  3. Jika ingin membuat tampilan bolu ketan hitam kukus lebih menarik, kamu bisa mencetaknya dengan menggunakan cetakan kecil seperti cetakan bunga atau bentuk lain yang kamu sukai.
  4. Bolu ketan hitam kukus juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan dessert seperti es krim atau puding.

Nikmati bolu ketan hitam kukus dengan berbagai variasi penyajian yang bisa kamu kreasikan sendiri sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus: Cara Mudah Membuat Kue Khas Indonesia

Bolu ketan hitam kukus adalah salah satu jenis kue yang cukup populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, bolu ketan hitam kukus juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam pembuatannya, kamu hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana dan alat yang mudah didapatkan di rumah.

Dengan mengikuti langkah-langkah pembuatan bolu ketan hitam kukus yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tak hanya sebagai camilan di waktu santai, bolu ketan hitam kukus juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau hadiah bagi teman dan keluarga.

Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah bahan dan ukuran cetakan dengan kebutuhanmu, serta mencoba berbagai variasi topping dan cara penyajian yang sesuai dengan selera. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba membuat bolu ketan hitam kukus di rumah.

x
x