x

Mari Belajar Mengenali Sifat-sifat Segitiga dengan Menggambar

waktu baca 3 menit
Kamis, 4 Mei 2023 06:50 0 174 administrator

Assalamualaikum Sobat Opmemis, kali ini kita akan membahas mengenai sifat-sifat segitiga dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu dengan menggambar. Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Setiap sisi segitiga memiliki nama yang berbeda-beda, yaitu sisi miring, sisi alas, dan sisi tegak. Sementara itu, setiap sudut segitiga memiliki nama yang sesuai dengan besarnya, yaitu sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku. Mari kita mulai pembahasan ini dengan menggambar segitiga pertama kita.

Segitiga Siku-siku

Pertama, mari kita buat segitiga siku-siku dengan menggunakan penggaris dan pensil. Gambarlah sebuah garis lurus dan beri tanda titik di bagian tengahnya. Titik ini akan menjadi titik puncak atau sudut segitiga. Kemudian, buatlah garis mendatar di sebelah kiri dan garis tegak di sebelah kanan titik puncak. Pastikan kedua garis ini memiliki panjang yang sama. Kini kita punya segitiga siku-siku.

Setiap segitiga siku-siku memiliki dua sisi yang membentuk sudut siku-siku, yaitu sisi miring dan sisi tegak. Sisi miring selalu berada di seberang sudut siku-siku dan merupakan sisi terpanjang di antara ketiga sisi segitiga. Sisi tegak selalu berada tepat di bawah sudut siku-siku dan bersebrangan dengan sisi alas. Sisi alas adalah sisi yang tidak berada di sebelah sudut siku-siku dan terletak antara kedua sudut lainnya.

Segitiga Sama Kaki

Selanjutnya, mari kita coba membuat segitiga sama kaki. Gambarlah sebuah garis lurus dan beri tanda titik di bagian tengahnya. Titik ini akan menjadi titik puncak segitiga. Buatlah dua garis yang identik di sebelah kanan dan kiri titik puncak. Garis-garis ini akan membentuk sudut sama besar dengan sisi yang sama panjang. Kini kita punya segitiga sama kaki.

Setiap segitiga sama kaki memiliki dua sisi yang sama panjang dan satu sisi yang berbeda panjang. Dua sudut yang bersebrangan dengan sisi yang sama panjang juga memiliki ukuran yang sama besar. Sisi yang berbeda panjang selalu bersebrangan dengan sudut yang memiliki ukuran lebih besar.

Segitiga Sama Sisi

Terakhir, mari kita coba membuat segitiga sama sisi. Gambarlah sebuah garis lurus dan beri tanda titik di bagian tengahnya. Titik ini akan menjadi titik puncak segitiga. Buatlah dua garis identik di sebelah kanan dan kiri titik puncak dengan panjang yang sama. Kini kita punya segitiga sama sisi.

Setiap segitiga sama sisi memiliki panjang yang sama untuk setiap sisinya. Setiap sudut segitiga sama sisi memiliki ukuran 60 derajat. Karena semua sisinya sama panjang, maka tinggi segitiga juga akan sama panjang dengan sisi.

Rumus Sifat-sifat Segitiga

Setelah menggambar ketiga jenis segitiga di atas, mari kita coba memahami sifat-sifat segitiga melalui rumus. Ada beberapa rumus yang bisa membantu kita menghitung sifat-sifat segitiga, di antaranya:

Rumus Keliling Segitiga: K = a + b + c
K = keliling segitiga
a, b, c = panjang masing-masing sisi segitiga

Rumus Luas Segitiga: L = 1/2 x a x t
L = luas segitiga
a = alas segitiga
t = tinggi segitiga

Rumus Pythagoras: a² + b² = c²
a, b = panjang masing-masing sisi yang membentuk sudut siku-siku
c = panjang sisi miring atau sisi yang bersebrangan dengan sudut siku-siku

Kesimpulan

Menggambar segitiga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar mengenali sifat-sifat segitiga. Segitiga siku-siku memiliki dua sisi yang membentuk sudut siku-siku, sisi miring selalu berada di seberang sudut siku-siku, dan sisi tegak selalu berada tepat di bawah sudut siku-siku. Segitiga sama kaki memiliki dua sisi yang sama panjang dan satu sisi yang berbeda panjang, sedangkan segitiga sama sisi memiliki tiga sisi yang sama panjang. Untuk menghitung sifat-sifat segitiga, kita dapat menggunakan rumus keliling, luas, dan Pythagoras. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Opmemis yang ingin mempelajari sifat-sifat segitiga dengan cara yang lebih menyenangkan.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

x
x