x

Jenis Wisata Singkawang Saat Lebaran 2023 Terbaru Hari Ini

waktu baca 3 menit
Minggu, 23 Apr 2023 10:23 0 413 administrator

Assalamualaikum Sobat Opmemis, selamat datang di artikel kami yang akan membahas mengenai jenis wisata Singkawang saat Lebaran 2023 terbaru hari ini. Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Apalagi saat Lebaran tiba, kota ini akan semakin ramai dengan suasana yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis wisata yang bisa Sobat Opmemis kunjungi di Singkawang saat Lebaran 2023.

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Singkawang. Pantai ini terkenal dengan keindahan panorama lautnya yang memukau. Sobat Opmemis bisa menikmati keindahan pantai sambil bermain pasir atau berenang di laut. Di pantai ini juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan makanan laut segar.

2. Monumen Patung Buaya

Monumen Patung Buaya adalah salah satu ikon wisata Singkawang yang tak boleh dilewatkan. Patung Buaya setinggi 30 meter ini terletak di kawasan wisata air terjun Bajau, sekitar 12 km dari pusat kota Singkawang. Selain menikmati keindahan air terjun yang menawan, Sobat Opmemis juga bisa mengabadikan momen berfoto dengan latar belakang Patung Buaya yang megah.

3. Wisata Kuliner

Wisata kuliner juga tak kalah menarik di Singkawang. Kota ini terkenal dengan makanan khasnya, seperti Kue Keranjang, Kue Kering Kerang, dan Sate Kelinci. Selain itu, di kota ini juga terdapat banyak restoran dan warung makan yang menyajikan berbagai macam kuliner, mulai dari masakan Indonesia hingga masakan Barat.

4. Air Terjun Temajok

Air Terjun Temajok terletak di Desa Temajok, Kecamatan Ambalau, sekitar 30 km dari pusat kota Singkawang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan mempunyai kolam yang cukup luas untuk berenang atau bermain air. Suasana yang sejuk dan asri di sekitar air terjun membuat Sobat Opmemis betah berlama-lama di sana.

5. Masjid Jamik Singkawang

Masjid Jamik Singkawang merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di Singkawang. Masjid ini memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Tionghoa. Selain untuk beribadah, Sobat Opmemis juga bisa mengagumi keindahan masjid dan sejarahnya yang unik.

6. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa terletak di perbatasan Singkawang dan Pontianak. Tugu ini memiliki arti penting sebagai penanda garis khatulistiwa atau garis imajiner yang membelah bumi menjadi dua bagian, yaitu belahan utara dan selatan. Tugu ini juga menjadi salah satu spot foto yang menarik di Singkawang.

7. Kampung Tionghoa

Kampung Tionghoa atau juga dikenal sebagai Sui Teng merupakan kawasan pemukiman yang dihuni oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Singkawang. Di sini Sobat Opmemis bisa menjumpai banyak bangunan kuno dan arsitektur Tionghoa yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat banyak toko oleh-oleh dan kuliner khas Tionghoa yang bisa Sobat Opmemis cicipi.

8. Pulau Kabung

Pulau Kabung terletak sekitar 3 km dari Pantai Pasir Panjang. Pulau ini memiliki pantai yang indah dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang halus. Sobat Opmemis bisa berenang, berjemur, atau bahkan menyelam untuk melihat keindahan bawah laut di sini.

9. Pura Tri Dharma Bumi Raya

Pura Tri Dharma Bumi Raya merupakan tempat ibadah umat Hindu yang terletak di Singkawang. Pura ini memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Tionghoa dan Hindu. Di pura ini Sobat Opmemis bisa belajar mengenai sejarah dan budaya Hindu di Singkawang.

10. Danau Biru Singkawang

Danau Biru Singkawang merupakan tempat wisata yang baru saja dibuka pada tahun 2022. Danau ini terletak di Kecamatan Tempunak, sekitar 25 km dari pusat kota Singkawang. Danau Biru Singkawang memiliki air yang jernih dan biru kehijauan, dengan pemandangan alam yang asri di sekitarnya.

Kesimpulan

Itulah 10 jenis wisata Singkawang saat Lebaran 2023 terbaru hari ini yang bisa Sobat Opmemis kunjungi. Dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata religi, semuanya bisa Sobat Opmemis temukan di kota ini. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan selama liburan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

x
x